Fotografer Prancis Yang Tuding BTS Lakukan Plagiarisme Kini Tarik Kembali Ucapannya

Sebelumnya, Fotografer Asal Prancis Bernama Bernard Faucon Menuding Kalau ‘Blood, Sweat & Tears’ Serta ‘Young Forever’ Milik BTS Memplagiat Hasil Karyanya.

Fotografer asal Prancis berjulukan Bernard Faucon menuding Bangtan Boys memplagiat karyanya. Ia menuding jikalau konsep “Blood, Sweat & Tears” serta “Young Forever” merupakan tiruan hasil karyanya.

Bernard Faucon mengklaim bahwa kedua karya BTS tersebut plagiat dari karyanya yang berjudul “Les Grandes Vancances”. Ia juga menuduh BTS menerima ide untuk seri album mereka itu dari proyek fotografinya, “The Most Beautiful Day of My Youth”.

Menurut agensi Bernard Faucon, pihak mereka telah mengirimkan surat kepada BigHit Entertainment, agensi BTS, di mana mereka menuntut usul maaf dan kerugian. Namun BigHit membantah adanya kesamaan antara karya Bernard Faucon dengan BTS.

Pada 18 April lalu, Bernard Faucon merilis pernyataan sebagai berikut:

” Aku menemukan album BTS ‘The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever’ usang sesudah dipublikasikan, dan pribadi mencicipi kesamaan wangsit dengan seri fotografi lamaku, ‘Summer Camp’.

Sejak dulu, foto-fotoku memakai manekin. ‘Live Chambers’-ku atau ‘Scriptures’-ku menginspirasi para sutradara panggung, desainer, penulis dan seniman lainnya di seluruh dunia.

Inspirasi dan interpretasi selalu menjadi sentra kreasi dan seni. Aku yakin bahwa menginspirasi banyak sekali wilayah seni dan budaya itu menempel pada setiap karya seni yang mendalam dan sensitif.

Seperti yang selalu saya katakan, saya menganggap ini kemungkinan terinspirasi dari karyaku sebagai tribut dan terperinci bukan plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.

Aku suka BTS, album ini indah, saya merasa terhormat mengetahui bahwa 40 tahun kemudian, foto-fotoku masih menginspirasi artis-artis muda masa kini.

About the Author: Erika

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *