Sutradara Bong Joon Ho Dikecam Karena Suruh Won Bin Pegang Dada Aktris Ini Di Film ‘Mother’

Di Tengah Kesuksesan Besar Film Barunya, Bong Joon Ho Menuai Kecaman Karena Wawancara Lawas Di Mana Ia Dituding Melakukan Pelecehan Seksual Secara Tidak Langsung.

Bong Joon Ho dikenal sebagai sutradara kawakan dengan film-film mirip “Memories of Murder” (2003), “The Host” (2006), “Mother” (2009), “Snow Piercer” (2012) serta “Okja” (2017). Film terbarunya “Parasite” kini sedang tayang dan mencetak kesuksesan besar dengan memenangkan penghargaan Palme d’Or.

Di tengah kesuksesan besar “Parasite”, sutradara Bong Joon Ho justru memicu kontroversi karena wawancara lawas di mana ia dituding melaksanakan pemerkosaan secara tidak langsung. Selama pembuatan film “Mother”, Bong Joon Ho diduga menyuruh Won Bin menyentuh payudara aktris Kim Hye Ja yang berperan sebagai ibunya tanpa persetujuan.

Kim Hye Ja mengungkapkan fakta ini di sebuah program yang diadakan Lotte Culture Works pada Mei. Bintang drama JTBC “The Light in Your Eyes” itu menjelaskan bahwa selama adegan tertentu, Do Joon Yeok (Won Bin) tiba-tiba menyentuh payudaranya dan menyampaikan bahwa itu bukan bab dari naskah.

“Dalam film, (ada adegan di mana) Won Bin memberi tahu Jin Goo (diperankan pemeran Jin Tae) bahwa beliau juga tidur dengan ibu. Lalu saya di dalam tidur dan tiba-tiba, beliau menyentuh payudaraku. (Dalam naskah), beliau seharusnya tidak menyentuh payudaraku, tapi saya tidak menyampaikan apa-apa dengan perkiraan ada alasannya, tapi beliau (sutradara Bong) menyampaikan bahwa beliau lah menyuruhnya,” tutur Kim Hye Ja.

Ketika MC meminta penjelasan, Bong Joon Ho mengklaim bahwa ia tidak ingat. “Aku tidak mampu mengingatnya dengan baik. Praktis untuk berpikir bahwa semuanya berada di bawah kendali sutradara dalam sebuah film tapi banyak hal terjadi begitu saja di lokasi syuting,” jelasnya.

Insiden tersebut mulai mendapat perhatian lebih dari netizen. Banyak yang mengecam Bong Joon Ho alasannya ialah tindakan tidak senonoh yang dilakukannya. Kim Hye Ja sendiri hanya menanggapi dengan tertawa. Namun netizen beropini bahwa Bong Joon Ho seharusnya mendapatkan persetujuan Kim Hye Ja sebelum bertindak mirip itu alasannya ialah mampu membuatnya tidak nyaman.

“Apa yang mereka lakukan pada Kim Hye Ja? Mereka menyampaikan bahwa mereka berjuang untuk hak asasi insan dengan verbal mereka, tapi apa yang mereka lakukan terhadap seorang aktris?” komentar netizen. “Ini terperinci pelecehan seksual,” tambah netizen lain. “Dia harus ditangkap,” sahut yang lain. “Industri film sangat menjijikkan,” pungkas lainnya.

Sementara itu, perusahaan produksi film “Mother” merespon dengan menjelaskan bahwa peristiwa itu ialah kesalahpahaman. “Pada dikala itu, sutradara Bong menjelaskannya kepada Kim Hye Ja tapi itu ialah kesalahpahaman. Terungkap bahwa itu ialah kesalahpahaman tapi semua orang telah berada dalam situasi yang canggung alasannya ialah (insiden ini) kini mulai mendapat perhatian,” ujar mereka.

About the Author: Erika

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *