Live-Action ‘Mulan’ Terancam Diboikot Di Hong Kong, Tagar #BoycottMulan Jadi Trending

Kisruh Pemboikotan Ini Berawal Karena Liu Yifei Selaku Pemeran Utama Karakter Mulan Baru Saja Turun Langsung Ke Media Sosial Untuk Menyuarakan Dukungannya Pada Polisi Hong Kong.

Sejak awal merilis teaser perdana pada bulan Juli lalu, proyek live-action “Mulan” memang mampu dibilang menuai banyak kontroversi. Bahkan proyek yang diubahsuaikan dari animasi tahun 1998 ini sempat menerima sambutan negatif dari warga Tiongkok.

Banyak yang mengklaim bahwa film “Mulan” nantinya justru tidak menghormati budaya Tiongkok alasannya ketidakakuratan sejarah yang terlihat di teaser yang gres dirilis. Tak hanya itu, ada pula yang menilai bahwa versi live-action “Mulan” ini seakan dikhususkan untuk penonton Barat saja.

Yang terbaru, proyek live-action “Mulan” justru terancam akan diboikot di Hong Kong sebab sudah memicu kekesalan dari massa protes anti-polisi pro-demokrasi di negara tersebut. Hal ini berawal alasannya Liu Yifei selaku pemain drama utama abjad Mulan gres saja turun pribadi ke media umum untuk menyuarakan dukungannya pada polisi Hong Kong.

“Aku mendukung polisi Hong Kong, kalian mampu menyerangku sekarang. Betapa memalukan untuk Hong Kong #IAlsoSupportTheHongKongPolice,” tulis sang aktris dalam unggahannya di akun media umum Weibo miliknya.

Alhasil, pernyataan Yifei ini pribadi memicu protes dan pro-kontra. Bahkan ia dituding mendukung kebrutalan polisi Hong Kong serta penindasan pada demokrasi dan kebebasan. Tak hanya itu, tagar #BoycottMulan pun pribadi ramai menjadi perbincangan di media umum Twitter.

Sebagian besar netizen menyebut bahwa Yifei tak seharusnya ikut campur perkara ini, mengingat bahwa ia mempunyai kewarganegaraan Amerika. Meski demikian, ada pula banyak penggemar yang mendukungnya, terutama dari warga Tiongkok yang menyerukan bantuan pada Hong Kong.

Demonstrasi yang terus terjadi semenjak Juni sampai kini, diawali duduk perkara RUU Ekstradisi. Demo yang kini mengarah pada demokratisasi Hong Kong itu semakin kelam beberapa hari terakhir dengan sejumlah kisruh antara polisi dan pendemo.

Terlepas dari hal tersebut, proyek live-action “Mulan” sendiri akan mengisahkan wacana seorang gadis yang menyamar menjadi prajurit laki-laki untuk menyelamatkan ayahnya. Film animasi klasik yang dirilis pada tahun 1998 ini telah menuai kesuksesan besar-besaran di seluruh dunia.

Selain Liu Yifei, sejumlah pemain drama lain yang tergabung dalam proyek ini di antaranya yaitu Gong Li, Donnie Yen, Jason Scott Lee, Yoson An, Utkarsh Ambudkar, Ron Yuan, Tzi Ma, Rosalind Chao, Cheng Pei-Pei, serta Nelson Lee.

Film live-action “Mulan” ini akan diarahkan oleh sutradara Niki Caro. Rencananya film ini akan menyapa penggemar pada 27 Maret 2020 mendatang.

About the Author: Erika

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *