Mulai ‘Iron Man’ Hingga ‘Avengers: Endgame’, Ternyata Inilah Film Marvel Studios Yang Paling Gagal

Hingga Kini, Ada Sekitar 23 Film Superhero Yang Sudah Dirilis Marvel Studios Dalam Kurun Waktu 10 Tahun Belakangan, Menyusul ‘Iron Man’ Yang Menjadi Pembuka Franchise MCU.

Rasanya tak berlebihan apabila Marvel Studios dibilang sebagai salah satu studio raksasa yang selalu berhasil meluncurkan film-film blockbuster dengan laba fantastis. Franchise ini dimulai lewat film “Iron Man” yang dirilis pada tahun 2008, sekaligus menandai kurun emas bagi franchise Marvel Cinematic Universe (MCU).

Setelah kesuksesan “Iron Man” yang dibintangi oleh Robert Downey Jr., Marvel pun kemudian melaksanakan promosi besar-besaran dan terbukti menghasilkan film-film unggulan di box office. Hingga kini, ada sekitar 23 film superhero yang sudah dirilis Marvel Studios dalam kurun waktu 10 tahun belakangan.

Mulai dari seri “Iron Man” sendiri yang berubah menjadi trilogi, kemudian seri “Thor”, seri “Captain America: The First Avenger”, seri “The Avengers”, seri “Guardians of the Galaxy”, seri “Ant-Man”, seri “Spider-Man: Homecoming”, sampai “The Incredible Hulk”, “Doctor Strange”, “Black Panther”, maupun “Captain Marvel”.

Namun di antara film-film tersebut, rupanya Marvel tak selalu menerima keuntungan. Pasalnya, sejumlah film mereka bisa dibilang cukup flop di box office. Tercatat, sampai sekarang “The Incredible Hulk” yang merupakan film kedua MCU tak bisa menyusul kesuksesan gemilang “Iron Man” dan menjadi film tergagal Marvel Studios.

“The Incredible Hulk” sendiri bergotong-royong menggaet para pemain film dan aktris papan atas mirip Edward Norton, Liv Tyler, sampai Tim Roth. Namun nyatanya, film ini hanya bisa mengumpulkan laba global sebanyak USD 263 juta. Hasil ini bahkan tak menyentuh dua kali lipat biaya produksi yang digelontorkan oleh Marvel, yang mencapai USD 150 juta.

Kuat dugaan atas dasar inilah Marvel enggan kembali memproduksi sekuel “The Incredible Hulk”. Belum lagi adanya konflik dengan sang pemeran utama, Edward Norton, yang enggan kembali memerankan abjad Hulk sampai jadinya digantikan oleh Mark Ruffalo yang muncul di film “The Avengers”.

Kendati demikian, Marvel tentunya masih mendulang untung berlebih dari proyek-proyek mereka selanjutnya. Bahkan seri terakhir “The Avengers”, yakni “Avengers: Endgame”, tercatat memecahkan rekor sebagai film terlaris sepanjang masa. Sepanjang pemutarannya semenjak April lalu, film ini sudah mengumpulkan laba global sampai USD 2,796 miliar di box office.

Tak hanya itu, sampai sekarang tercatat ada sekitar sembilan film MCU yang sudah menembus angka lebih dari USD 1 miliar dolar. Sebut saja “Avengers: Endgame”, “Avengers: Infinity War”, “Avengers: Age of Ultron”, “The Avengers”, “Black Panther”, “Iron Man 3”, “Captain America: Civil War”, “Captain Marvel”, serta yang terakhir yaitu “Spider-Man: Far From Home”, meskipun dikala ini abjad Spider-Man sendiri tak lagi bernaung di bawah payung MCU.

About the Author: Erika

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *