Joaquin Phoenix Cuma Dapat Gaji Kecil Di ‘Joker’, Sama Sekali Tak Imbang Dengan Kesuksesan Film

“Joker” masih terus menawarkan dominasinya di box office. Bahkan semenjak diputar secara global pada 4 Oktober lalu, film isyarat sutradara Todd Phillips ini telah memecahkan bermacam-macam rekor.

Hingga isu ini ditulis, “Joker” sendiri tercatat telah mengumpulkan USD 874 juta atau setara dengan Rp12,5 triliun, dan tentunya masih akan terus bertambah. Menilik dari kesuksesan ini, tentunya tak heran jikalau para penggemar mulai ingin tau soal honor yang diperoleh sang bintang utama, Joaquin Phoenix.

Namun alih-alih menerima honor besar, Joaquin justru hanya memperoleh USD 4,5 juta saja (sekitar Rp63 miliar). Usut punya usut, berdasarkan The Hollywood Reporter, honor sang pemain film memang setara dengan penggarapan film “Joker” yang hanya menghabiskan bujet rendah, yaitu sekitar USD 55 – 70 juta saja.

Angka ini tentunya sangat berbanding terbalik dengan anggaran yang dikeluarkan Warner Bros ketika membiayai film anti-hero mereka sebelumnya, “Suicide Squad”. Diketahui, film yang dirilis pada 2016 tersebut menelan dana sampai USD 170 juta dan justru flop di pasaran.

Di sisi lain, “Joker” tercatat telah mengungguli “Deadpool” yang sebelumnya memegang rekor sebagai film R-rated terlaris semenjak dirilis pada 2016. Tak cuma itu, “Joker” juga berhasil menjadi salah satu film terlaris tahun 2019. “Joker” juga menjadi film terlaris yang pernah dibesut oleh Warner Bros di tahun 2019, di mana sebelumnya rekor ini dipegang oleh “It: Chapter Two”.

Sementara itu, Warner Bros sendiri dikabarkan sudah mulai mengkampanyekan “Joker” untuk masuk ke beberapa nominasi ajang penghargaan film Academy Awards. Beberapa kategori utama pun dibidik oleh Warner Bros, termasuk Aktor Terbaik untuk Joaquin Phoenix.

Tak hanya itu, Zazie Beets selaku pemeran Sophie Dumond juga dikampanyekan Warner Bros di kategori Aktris Pendukung Terbaik. Skenario “Joker” yang ditulis pribadi oleh sutradara Todd Phillips juga diajukan di nominasi Skenario Adaptasi Terbaik, pun dengan beberapa kategori lainnya.

Tercatat, setidaknya ada 16 kategori yang diincar Warner Bros dan mereka ejekan untuk masuk ke nominasi Oscar 2020 mendatang, termasuk sejumlah nominasi teknis mirip Efek Visual Terbaik sampai Kostum Terbaik. Meski belum ada rincian niscaya terkait kategori apa saja yang diincar Warner Bros, yang terperinci “Joker” diprediksi bakal “menyapu bersih” piala Oscar nantinya.

About the Author: Erika

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *